Analisis Persepsi Siswa Non-Muslim terhadap Mata Pelajaran Pai di SMK Muhammadiyah Aimas

Authors

  • Jumadi Jumadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Muzakki Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Persepsi siswa non-Muslim, Pendidikan Agama Islam, pembelajaran inklusif, nilai-nilai moral dan etika, dialog antaragama

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa non-Muslim terhadap pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Muhammadiyah Aimas. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara terhadap beberapa siswa non-Muslim di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa non-Muslim memiliki persepsi yang positif terhadap pembelajaran PAI. Mereka menyatakan bahwa pembelajaran PAI bermanfaat dalam penerapan ilmu, mengajarkan toleransi, dan memahami kebiasaan hidup siswa Muslim. Selain itu, siswa non-Muslim merasa nyaman menjalani kewajiban ini dan melihatnya sebagai pengalaman yang luar biasa. Pembelajaran PAI juga memberikan implikasi positif bagi siswa non-Muslim, seperti meningkatkan pemahaman tentang budaya dan toleransi agama serta nilai-nilai moral dan etika. Dalam hasil dan pembahasan penelitian ini, disarankan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang agama Islam, melibatkan siswa non-Muslim dalam aktivitas agama, dan mengadakan forum dialog antaragama. Selain itu, metode pembelajaran yang inklusif, berbasis pengalaman, dan kolaboratif juga direkomendasikan untuk memastikan siswa non-Muslim terlibat dan menghargai materi PAI.

 

 

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Jumadi, J., & Muzakki, M. (2023). Analisis Persepsi Siswa Non-Muslim terhadap Mata Pelajaran Pai di SMK Muhammadiyah Aimas. PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA, 2(2), 241–252. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpaida/article/view/1456

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>