Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.1968Keywords:
Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Pembiasaan Terhadap SiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan melihat bagaimana guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII B di MTs Muhammadiyah 2 Aimas melalui metode pembiasaan serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya, dan tujuan penelitian ini untuk menggali peran guru PAI serta faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII B di MTs Muhammadiyah 2 Aimas melalui metode pembiasaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan Kualitatif, dengan fokus pada interaksi antara guru PAI dan siswa dalam proses pembentukan karakter religius melalui kebiasaan sehari-hari di lingkungan sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru PAI, siswa, serta pihak terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memegang peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai agama dan membentuk karakter religius siswa, baik melalui pengajaran materi ajar agama Islam maupun melalui contoh perilaku yang ditunjukkan oleh guru dalam kehidupan sehari-hari. Metode pembiasaan yang diterapkan di kelas, seperti rutinitas salat berjama’ah, dzikir, muroja’ah Alquran, kultum serta pemberian teladan tentang akhlak dan moral, terbukti efektif dalam membentuk sikap religius siswa. Selain itu, dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan pembiasaan karakter religius siswa. Dengan demikian, peran guru PAI sangat signifikan dalam upaya membentuk karakter religius yang kuat di kalangan siswa MTs Muhammadiyah 2 Aimas.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arif Pramana Aji, Anggun Fitria, Zulkifli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.