ANALISIS BUKU BAHASA INDONESIA KELAS VI SD BERDASARKAN INSTRUMENT BSNP PADA BAB V
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2843Keywords:
aktivitas pembelajaran; buku ajar; karakter; kepedulian sosial; kurikulum merdeka; visualisasiAbstract
Penanaman nilai karakter di sekolah dasar penting untuk membentuk generasi yang memiliki
kepedulian sosial. Buku ajar Bahasa Indonesia memainkan peran strategis dalam menyampaikan
nilai-nilai tersebut melalui narasi dan aktivitas yang kontekstual. Namun, tidak ada keselarasan
antara teori pendidikan karakter dan praktik penerapannya dalam buku terbuka. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kajian isi , bahasa , penyajian , dan grafis dalam
Bab V Buku Bahasa Indonesia Kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan teknik analisis isi. Data dikumpulkan dari dokumen utama berupa buku terbuka
resmi, serta dijelaskan berdasarkan indikator dalam instrumen penilaian BSNP. Temuan utama
Menunjukkan bahwa Bab V menyajikan kisah tokoh inspiratif anak-anak dunia yang memperkuat
nilai kepedulian sosial. Bahasa yang digunakan umumnya komunikatif dan sesuai ketinggian,
meskipun beberapa istilah asing belum dapat dijelaskan maknanya. Dari segi penyajian, materi dikemas
secara sistematis dan melibatkan aktivitas partisipatif. Visualisasi ilustrasi mendukung
pemahaman dan mendorong imajinasi siswa. Kesimpulannya , buku terbuka ini layak digunakan
dalam pembelajaran berbasis karakter di sekolah dasar karena telah memenuhi standar isi,
kebahasaan, penyajian, dan grafika menurut instrumen BSNP.