ANALISIS BUKU BAHASA INDONESIA KELAS VI SD BERDASARKAN INSTRUMENT BSNP PADA BAB V

Authors

  • Fadhilah Giarista Giarista Universitas Negeri Semarang
  • Panca dewi Purwati Universitas Negeri Semarang
  • Zaqiya Aini Hafshah Universitas Negeri Semarang
  • Alif Nur Hamid Universitas Negeri Semarang
  • Cindy Febiyanti Universitas Negeri Semarang
  • Eva Farisa Isbah Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2843

Keywords:

aktivitas pembelajaran; buku ajar; karakter; kepedulian sosial; kurikulum merdeka; visualisasi

Abstract

Penanaman nilai karakter di sekolah dasar penting untuk membentuk generasi yang memiliki

kepedulian sosial. Buku ajar Bahasa Indonesia memainkan peran strategis dalam menyampaikan

nilai-nilai tersebut melalui narasi dan aktivitas yang kontekstual. Namun, tidak ada keselarasan

antara teori pendidikan karakter dan praktik penerapannya dalam buku terbuka. Penelitian ini

bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kajian isi , bahasa , penyajian , dan grafis dalam

Bab V Buku Bahasa Indonesia Kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif

kualitatif dengan teknik analisis isi. Data dikumpulkan dari dokumen utama berupa buku terbuka

resmi, serta dijelaskan berdasarkan indikator dalam instrumen penilaian BSNP. Temuan utama

Menunjukkan bahwa Bab V menyajikan kisah tokoh inspiratif anak-anak dunia yang memperkuat

nilai kepedulian sosial. Bahasa yang digunakan umumnya komunikatif dan sesuai ketinggian,

meskipun beberapa istilah asing belum dapat dijelaskan maknanya. Dari segi penyajian, materi dikemas

secara sistematis dan melibatkan aktivitas partisipatif. Visualisasi ilustrasi mendukung

pemahaman dan mendorong imajinasi siswa. Kesimpulannya , buku terbuka ini layak digunakan

dalam pembelajaran berbasis karakter di sekolah dasar karena telah memenuhi standar isi,

kebahasaan, penyajian, dan grafika menurut instrumen BSNP.

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Giarista, F. G., Purwati, P. dewi, Hafshah, Z. A., Hamid, A. N., Febiyanti, C., & Isbah, E. F. (2025). ANALISIS BUKU BAHASA INDONESIA KELAS VI SD BERDASARKAN INSTRUMENT BSNP PADA BAB V. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2843