Analisis
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2787Keywords:
Analisis Wacana, Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar, BNSP, Kelayakan, ejaan, analisis kesalahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian struktur kalimat dan pemahaman pada buku Bahasa Indonesia kelas I Sekolah Dasar berdasarkan standar kelayakan buku ajar dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dengan pendekatan kualitatif yang dijelaskan oleh Sugiyono (2022), data dikumpulkan melalui berbagai cara, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara mendalam untuk menemukan makna dari data tersebut, bukan sekadar angka. Analisis memuat kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan tampilan/kegrafikan. Kelayakan isi sudah dikatakan sesuai dan aktual. Kelayakan bahasa masih memerlukan beberapa bagian terutama pada bagian fonologi. Kelayakan sudah bisa dibilang menarik dan juga lengkap. Kelayakan terakhir yaitu tampilan/kegrafikan yang sudah sesuai dan tepat. Secara keseluruhan buku Bahasa Indonesia terutama pada bab “Di Sekitar Rumah” sudah memenuhi kriteria yang ada menurut BSNP.