Analisis Bab 3 Buku Siswa Kelas 4 SD Berdasarkan Standar BSNP EYD Edisi V

Authors

  • Aziz Nur Hikmawan Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang
  • Muhamad Azis Setyabudi Universitas Negeri Semarang
  • Nathasya Haliza Putri Universitas Negeri Semarang
  • Setyaputri Nur Sofiyanti Universitas Negeri Semarang
  • Sally Zebadiah Levina Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan isi Bab 3 yang berjudul "Lihat Sekitar" dalam buku siswa kelas 4 Sekolah Dasar berdasarkan standar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan bantuan pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) edisi V. Kajian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode analisis dokumen. Aspek yang ditinjau meliputi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan sebagaimana tercantum dalam kriteria BSNP. Hasil kajian menunjukkan bahwa materi pada Bab 3 telah memenuhi sebagian besar standar BSNP, namun terdapat beberapa kekurangan dalam penggunaan tanda baca dan struktur kalimat sesuai EYD edisi V.  Selain itu, terdapat beberapa kesalahan kebahasaan pada tataran fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana, yang mungkin memengaruhi kemampuan siswa untuk memahami materi. Diharapkan penelitian ini akan membantu pengembang buku dan guru mengembangkan materi yang lebih sesuai dengan standar nasional dan kaidah kebahasaan yang tepat. Ini akan membantu meningkatkan pembelajaran di sekolah dasar.  

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Hikmawan, A. N., Purwati, P. D., Setyabudi, M. A., Putri, N. H., Sofiyanti, S. N., & Levina, S. Z. (2025). Analisis Bab 3 Buku Siswa Kelas 4 SD Berdasarkan Standar BSNP EYD Edisi V. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2763