Pengaruh Media Kotak Tersenyum terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.344Keywords:
Media, Kotak tersenyum, hasil belajar, aktivitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media kotak tersenyum terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif model pre-eksperimen dengan desain penelitian intact group comparison. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Marengan Daya 1, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep yang berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan simple random sampling. Instrument menggunakan tes pilihan ganda serta lembar observasi hal ini dilakukan untuk mengukur peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa selama pembelajaran. Penelitian menunjukan bahwa media kotak tersenyum berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan nilai signifikasi 0,009 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, serta adanya perbedaan yang cukup signifikan saat proses pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol dengan persentasi 89% dan 54%. Sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas serta didapati hasil dari uji normalitas 0,854 pada kelas eksperimen dan 0.356 pada kelas kontrol yang mana nilai ini lebih tinggi dari 0,05. Pada uji homogentinas hasil yang didapat 0,029 < 0,05 yang menandakan bahwa data tidak homogen. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari media kotak tersenyum terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.