Hubungan Pola Asuh Orangtua pada Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Yapis Doom

Authors

  • Fitri Ainun Hanifa Salam Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Faizin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Gika Apia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang adanya hubungan antara pola asuh orang tua pada motivasi belajar peserta didik SD YAPIS DOOM. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pola asuh orang tua serta variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar peserta didik. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 peserta didik atau seluruh peserta didik kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat kuisioner kepada orang tua dan untuk peserta didik yang di isi langsung oleh peneliti. Hasil uji reliabilitas butir instrumen diperoleh data angket sebesar sebesar 0,620. Dari analisis data diperoleh uji Shapiro-wilk pada pola asuh orang tua dengan sig. 0,056 > 0,05 dan pada motivasi diperoleh sig. 0,054 > 0,05. Berdasarkan nilai Sig. dengan nilai alpha 0,05 diketahui nilai Sig. (2-tailed) < 0,001 < 0,05 dan pada hasil berdasarkan nilai rhitung dengan nilai rtabel adalah sebesar 1,000 > rtabel 0,433 maka disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara variabel pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Salam, F. A. H., Faizin, M., & Apia, G. (2025). Hubungan Pola Asuh Orangtua pada Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Yapis Doom. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(1), 106–115. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/657