Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Penyajian Data untuk Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Nilna Maulida Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
  • Rida Fironika Kusumadewi Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.2605

Keywords:

Pendidikan, LKPD, RME, Matematika, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluate (Evaluasi) atau umpan balik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi, angket uji respon guru dan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) hasil dari validasi LKPD dengan validator ahli materi memperoleh skor 140 persentase 88% dengan kategori sangat valid, dan hasil dari validasi LKPD dengan validator ahli media memperoleh skor  149 dengan persentase 93% dengan kategori sangat valid, 2). hasil dari angket respon guru memperoleh skor 231 dengan persentase 96% dengan kategori sangat praktis, dan 3) hasil angket respon peserta didik memperoleh skor 1535 dengan persentase 82% dengan kategori sangat praktis. Hal tersebut menunjukkan LKPD yang dikembangkan bernilai valid dan praktis untuk digunakan pada materi penyajian data di kelas V sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Maulida, N., & Kusumadewi, R. F. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Penyajian Data untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(3), 302–310. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.2605

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.