Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat
Keywords:
Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar; Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV antara yang menggunakan pendekatan saintifik dan yang menggunakan pendekatan konvensional. Jenis pendekatan penelitian ini ialah kuantitatif quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN Slipi 15 Jakarta Barat, sebanyak 60 siswa dan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa diambil dari sampel penelitian. Yaitu, kelas IV A dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi & soal essay sebanyak 15 butir. Uji hipotesis sebelum dilakukan pengujian dengan menggunakan uji-t diperoleh