Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Google Sites dan Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Kreatif Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.3992Keywords:
media pembelajaran digital, Google Sites, Canva, Kreativitas, PosterAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Google Sites yang terintegrasi dengan Canva untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran membuat poster. Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan variasi media yang digunakan guru, sehingga keterlibatan dan kreativitas siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Google Sites terintegrasi Canva untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SDN 1 Baleturi dalam membuat poster. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Media dikembangkan melalui tahap analisis kebutuhan, perancangan konten dan antarmuka, pengembangan produk, implementasi melalui uji coba, serta evaluasi validasi ahli, respon pengguna, dan penilaian kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media memperoleh skor validasi ahli media sebesar 92,5%, ahli materi 90,3%, dan ahli bahasa 91,1% (kategori sangat valid). Respon siswa sebesar 93,2% dan respon guru 94,5% (sangat praktis). Penilaian produk poster siswa mencapai 91,8%, menunjukkan kategori sangat efektif. Temuan ini membuktikan bahwa media digital berbasis Google Sites terintegrasi Canva terbukti valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran membuat poster di sekolah dasar. Media ini berpotensi menjadi alternatif inovatif dalam mendukung pembelajaran kreatif berbasis proyek sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka, serta direkomendasikan untuk diseminasi melalui forum guru dan pelatihan teknologi pendidikan.