Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Media Pop Up Book Berbasis Augmented Reality pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1862Keywords:
Media, Pop-up Book, Augmented Reality, Hasil BelajarAbstract
Pada penerapan pembelajaran abad ke-21, teknologi telah menjadi bagian penting dari pendidikan. Namun masih banyak guru yang belum mahir untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini membuat peserta didik lebih sulit dalam memahami suatu materi karena kurangnya media pembelajaran yang dapat menunjang keberlangsungan proses pendidikan itu sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari implementasi media pembelajaran Pop Up Book berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada muatan pelajaran IPAS materi Kekayaan Budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus pembelajaran yang dilakukan dengan subjek penelitian pada kelas IV SDN Joho 03 Mojolaban sejumlah 22 peserta didik. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan tiga fase yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan inferensi data. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan penerapan media pembelajaran Pop Up Book berbasis Augmented Reality pada materi kekayaan budaya Indonesia ini mengalami kenaikan yakni pada siklus 1 menjadi 45% peserta didik yang sudah tuntas dan pada siklus 2 mengalami kenaikan ketuntasan belajar menjadi 86% pada siklus 2 dengan rincian peserta didik yang sudah tuntas berjumlah 19 siswa dari 22 siswa.