Analisis Kesulitan Guru dalam Internalisasi Karakter Mandiri Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Inklusi

Authors

  • Sindy Wasdiyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1856

Keywords:

Internalisasi, Profil pelajar pancasila, Inklusi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan guru dan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam internalisasi karakter mandiri profil pelajar pancasila di sekolah dasar inklusi. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Subjek penelitian ini menggunakan 3 orang yaitu guru  pendamping  khusus  siswa  inklusi,  guru  kelas  dan  kepala  sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik  wawancara,  observasi  dan  dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode  miles dan huberman tahap-tahapannya yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis kesulitan guru dalam internalisasi karakter mandiri profil pelajar pancasila di sekolah dasar inklusi yaitu terdapat banyak kesulitan atau kendala yaitu kepribadian diri atau sifat dari setiap individu yang sulit untuk dibentuk,  tingkat emosi siswa yang tidak dapat terkontrol, adaptasi diri dari lingkungan, dan faktor orang tua.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Wasdiyanti, S., & Supriyadi, S. (2024). Analisis Kesulitan Guru dalam Internalisasi Karakter Mandiri Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(3), 338–345. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1856

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.