Persepsi Bimbingan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VA SD Negeri 36 Kota Sorong
Keywords:
Bimbingan Orang Tua; Prestasi Belajar; Siswa Sekolah dasar.Abstract
Orang tua memiliki persepsi terhadap capaian prestasi belajar peserta didik sebagaimana lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan siswa yang paling utama, karena di dalam keluarga inilah siswa pertama kalinya mendapatkan pendidikan serta bimbingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua serta prestasi belajar peserta didik pada pembelejaran di sekolah dasar. Penelitian ini berupa penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, interview dan dokumentasi. Tempat pengambilan data di lakukan di SD Negeri 36 Kota Sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan siswa kepada berbagai hal seperti pendidikan, kebudayaan, nilai serta norma-norma kehidupan bermasyarakat itu di mulai dalam lingkungan keluarga. Dengan adanya bimbingan orang tua di rumah tentunya akan sangat membantu menumbuhkan semangat belajar anak. karena orang tua itu harus memberikan bimbingan kepada anaknya dengan berbagai macam cara apapun. prestasi belajar peserta didik mengalami perubahan yang positif dengan adanya bimbingan orang tua saat belajar di rumah.