Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Retno Primantiko
  • Iswan Iswan
  • Desti Rahayu

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila; Kurikulum Merdeka; Karakter Pancasila

Abstract

Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk implementasi konsep Kurikulum Merdeka yang diterapkan untuk mendukung mutu Pendidikan di Indonesia yang mana diharapkan dalam penanaman penguatan karakter dan pengembangan kompetensi, melatih kemampuan pemecahan masalah serta bertanggung jawab dan peduli terhadap isu sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran implementasi program profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa yang ada di kurikulum Merdeka serta melihat strategi guru dalam penerapannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I dan kelas IV yang terdiri dari 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang digunakan merupakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila yang diterapkan di SD Negeri 3 Kabupaten Sorong sudah berjalan dengan baik, hal ini sejalan dengan temuan peneliti yang mana strategi digunakan guru antara lain; pembelajaran berdiferensiai, pembelajaran dengan projek dan pembiasaan. Namun masih ada siswa yang tidak memperhatikan guru saat belajar dikelas. Keberhasilan penerapam strategi ini menuntuk guru agar senantiasa kreatif dalam merancang pembelajaran. Selain itu faktor lingkungan keluarga dan sosial sangat mempengaruhi pembentukan karakter siswa.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Primantiko, R., Iswan, I., & Rahayu, D. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 266–273. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1848

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.