Implementasi Program Adiwiyata Ramah Lingkungan di SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa

Authors

  • M. Agus Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ashar Ashar Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Hikmah AR Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Implementasi; Program Adiwiyata; Ramah Lingkungan.

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi program adiwiyata terhadap perilaku ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program adiwiyata terhadap perilaku ramah lingkungan di SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa data kualitatif. Prosedur penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program adiwiyata sudah diimplementasikan dengan baik di SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Hal ini dibuktikan oleh kondisi sekolah yang tercipta dalam keadaan aman, tentram, dan kondusif,  serta perilaku guru dan siswa yang ramah lingkungan Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa terwujudnya implementasi program adiwiyata  terhadap  ramah lingkungan di SD Inpres Sengka, dipengaruhi oleh peran guru dan siswa serta kerjasama seluruh  stakeholder dalam lingkungan sekolah untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan ramah lingkungan.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Agus, M., Ashar, A., & AR, N. H. (2023). Implementasi Program Adiwiyata Ramah Lingkungan di SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 101–111. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1833

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.