Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar
Keywords:
SQ3R; Membaca; Pemahaman.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SD Inpres 135 Hasik Jaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas V SD Inpres 135 Hasik Jaya yang berjumlah 16 peserta didik teknik pengambilan sampel menggunkan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis data pada Uji normalitas Shapiro Wilk diketahui bahwa pretest 0,015 > 0,05 dan posttest 0,097 > 0,05. Dengan ketentuan pembagian skor N-Gain, diketahui bahwa 8 peserta didik termasuk kategori tinggi dan 8 peserta didik termasuk kategori sedang, dan rata-rata N-Gain diperoleh nilai yaitu 69,41 yang mana nilai tersebut berada diantara rentang nilai 56-76 maka dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R cukup efektif. Hasil uji paired T-tes diperoleh yaitu 0,001 yang mana nilai sig adalah <0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SD Inpres 135 Hasik Jaya.