Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Refraktif terhadap Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Fatimah Nurlan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Agustan Agustan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulfasyah Sulfasyah Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Literasi Matematika; Berpikir Kritis; Berpikir Kreatif; Berpikir Refraktif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis, kreatif, refraktif literasi matematika, serta untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan refraktif terhadap kemampuan literasi matematika kelas V sekolah dasar di Biringkanaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional tanpa terlebih dahulu memberikan perlakuan apapun. Populasi dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas V Sekolah Dasar yang berakreditas A serta melibatkan 41 peserta didik kelas V dari dua sekolah terakreditasi A di Biringkanaya sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data dengan menggunakan aplikasi SPSS dengan mencari hasil dari uji parsial, uji simultan, uji korelasi dan terakhir analisis koefisien korelasi simultan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan refraktif terhadap kemampuan literasi matematika kelas V sekolah dasar di Biringkanaya dilihat dari nilai signifikansi pada output Uji-t  yaitu 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima atau thitung > ttabel. Serta dilihat dari Uji-F dengan signifikansi yaitu 0.000 <  0.05 dan nilai Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Refraktif Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Nurlan, N. F., Agustan, A., & Sulfasyah, S. (2023). Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Refraktif terhadap Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 39–44. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1804

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.