Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Talking Stick dengan Media Pohon Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat
Keywords:
Talking Stick; Pohon Matematika; Berpikir Kritis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media pohon matematika pada peserta didik kelas V Sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 23 Tanete sebanyak 18 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Topik penelitian yaitu operasi hitung pada bilangan bulat. Tekhnik pengumpulan data berupa tes hasil belajar, observasi kegiatan guru dan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I sebesar 69,14% dan meningkat signifikan pada siklus II sebesar 86,53%. Selanjutnya, rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dari hasil evaluasi akhir siklus I sebesar 60,42% meningkat signifikan pada siklus II sebesar 88,00%. Selain peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik, terdapat pula rata-rata perolehan untuk aktivitas guru dan peserta didik juga meningkat setiap tindakan dari setiap siklus pada siklus I dan II yaitu rata-rata aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 67,95% meningkat signifikan pada siklus II sebesar 89,10%. Selanjutnya, rata-rata aktivitas peserta didik dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 55,13% meningkat signifikan pada siklus II sebesar 82,05%.