Pengaruh Metode LAMBUNG TA terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa

Authors

  • Fitri Dewi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ahmad Yulianto Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Solehun Solehun

Keywords:

Metode LAMBUNG TA; Minat Membaca; Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Metode LAMBUNG TA terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan eksperimen digunakan pada penelitian ini. Populasinya adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 15 peserta didik, dengan sampel berjumlah 15 peserta didik yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan dokuementasi. Dari analisis data diperoleh uji normalitas Kolmogorov Smirnov yaitu 0.200. Hasil data analisis uji paired samples test menunjukan bahwa nilai T yaitu -3.644- dengan df yaitu 14. Berdasarkan criteria, jika p –value < ? (0.05), then H0 (Hipotesis nol) di tolak dan HA (Hipotesis Alternatif) di terima. Itu berarti bahwa adanya pengaruh metode Lompat Sambung Kata terhadap minat membaca pada kelas III antara pre-test dan post-test.  Maka P-value yaitu 0.000 < ? (0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode lambunta  terhadap minat membaca peserta didik.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Dewi, F., Yulianto, A., & Solehun, S. (2021). Pengaruh Metode LAMBUNG TA terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas III SDN No. 51 Lauwa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 40–46. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1760

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.