Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Berpendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong

Authors

  • Jhoni Sasior Universitas Pendidikn Muhamadiyah Sorong
  • Mustika Irianti Universitas Pendidikan Muhamadiyah Sorong
  • Mivtha Citraningrum Universitas Pendidikan Muhamadiyah Sorong https://orcid.org/0009-0002-6254-7194

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat penting dan patut diperhatikan, penelitian ini dilakukan karena kurangnya model pembelajan yang kreatif dan inovatif dalam suatu proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong, penelitian yang dilakukan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ekperimen dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pretest dan postets. Perhitungan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar sesudah dan sebelum penggunakan  Model Pembelajaran Team Games Tournamen, terlihat dari rata-rata pre-test 50 sedangkan nilai rata-rata post-test 82,5. Selain itu hasil rata-rata N-gain yang diperoleh adalah 0,64, yang dikategorikan "sedang" dengan nilai n-gain sedang, jika 0,7 > g > 0,3; dan. Ini mengindikasikan bahwa penerapan pendekatan model pembelajaran pada penelitian ini tergolong efektif. Maka dapat disimpulkam terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudahmenggunkan model Team Games Tournamentdi SD Negeri 6 Klablim tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Sasior, J., Irianti, M., & Citraningrum, M. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Berpendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong . Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(1), 44–51. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/171