Model Perubahan Perilaku Anak Asuh Perspektif Pendidikan Islam Studi Kasus Di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.3720Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model perubahan perilaku anak asuh dari perspektif pendidikan Islam di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Kabupaten Sorong. Fenomena transformasi perilaku anak asuh di panti ini menunjukkan pentingnya peran pendidikan Islam dalam membina karakter dan spiritualitas anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model perubahan perilaku yang terjadi merupakan sebuah proses holistik yang berjalan melalui tiga tahapan, yaitu adaptasi, penerimaan, dan internalisasi. Proses ini secara fundamental digerakkan oleh sinergi tiga strategi pembinaan utama, yaitu struktural, kultural, dan personal, yang berhasil mengubah kepatuhan eksternal menjadi kesadaran spiritual internal. Temuan ini dianalisis secara mendalam menggunakan integrasi Teori Kognitif Sosial Albert Bandura dengan konsep tazkiyatun nafs Imam Al-Ghazali. Penelitian ini menghasilkan sebuah model pendidikan karakter yang sistematis dan aplikatif, menunjukkan bahwa sinergi antara pendekatan psikologis dan spiritual mampu menciptakan transformasi akhlak yang berkelanjutan di lingkungan panti asuhan.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arif Hidayatullah, Muhammad Muzakki, Ambo Tang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.