Peran Pembimbing Asrama dalam Meningkatkan Kepatuhan Santri terhadap Tata Tertib Asrama di Ma'had Bilal Bin Rabah Sorong
Keywords:
Peran Pembimbing Asrama, Kepatuhan Santri, Tata Tertib Asrama, Ma'had Bilal Bin Rabah Sorong, Komunikasi EfektifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pembimbing Asrama dalam meningkatkan kepatuhan santri terhadap tata tertib asrama di Ma'had Bilal Bin Rabah Sorong. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dengan Pembimbing Asrama dan santri untuk mengumpulkan data tentang persepsi mereka terkait peran dan pengaruh Pembimbing Asrama dalam menjaga kepatuhan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembimbing Asrama dianggap sebagai orang tua kedua bagi santri dan memiliki peran penting dalam mengubah kebiasaan buruk, meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an, serta mencapai target-target yang ditetapkan. Faktor-faktor seperti kesadaran diri, pengaruh teman, tatakrama, disiplin, dan sopan santun mempengaruhi kepatuhan santri terhadap aturan asrama. Pembimbing Asrama mengatasi faktor-faktor ini dengan memberikan nasehat, pembinaan menyeluruh, pendekatan yang baik, dan membangun hubungan yang baik dengan santri. Komunikasi efektif antara Pembimbing Asrama dan santri tercipta melalui keterbukaan, melibatkan pembimbing dalam kegiatan santri, mendengarkan keluh kesah santri, dan memberikan solusi dan saran. Meskipun menghadapi tantangan seperti sulitnya bangun untuk shalat malam dan godaan nafsu, sebagian besar santri berusaha mematuhi aturan dengan sebaik mungkin. Santri merasa senang menjadi bagian dari Ma'had Bilal Bin Rabah Sorong dan menghargai peran Pembimbing Asrama dalam membantu mereka menjadi pribadi yang lebih baik.
Kata Kunci : Peran Pembimbing Asrama, Kepatuhan santri, Tata tertib asrama, Ma'had Bilal Bin Rabah Sorong, Komunikasi efektif.