PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD BILAL BIN RABAH

Authors

  • Zulkifli Zulkifli Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pembelajaran, Bahasa, Arab, Ma’had

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Bilal Bin Rabah mengikuti standar pembelajaran yang ada di Ma’had al-‘ulum al-Islamiyyah wal ‘Arabiyah fi Indunisia atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA), yang bertujuan untuk  “Menjadi Ma’had Bahasa Arab yang terkemuka dan model dalam memajukan dan memadukan pendidikan bahasa Arab, dakwah, dan pengabdian masyarakat”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Bilal Bin Rabah ditempuh dalam dua tahun setengah dengan menggunakan buku paket yang telah disediakan mulai dari semester tamhidi (pra), kemudian semester satu, dua, tiga, dan empat. Juga ditekankan di setiap level ini diajarkan empat kemahiran yaitu kemahiran istima' (mendengar), kemahiran Al Kalam (berbicara), kemahiran qira’ah (membaca), dan kemahiran kitabah (menulis). Dengan demikian apabila mahasiswa telah selesai menempuh jenjang perkuliahan, diharapkan dapat memahami bahasa Arab, berbicara bahasa Arab, membaca tulisan-tulisan yang berbahasa Arab, dan dapat menulis bahasa Arab.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Zulkifli, Z. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD BILAL BIN RABAH. PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA, 1(1), 60–76. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpaida/article/view/1438

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.