POTRET KEPRIBADIAN DALAM MENGHADAPI PERUNDUNGAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ONLINE 'ME AFTER BULLYING' KARYA SARA LYNS

Authors

  • Fenny Tifani Widodo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Siti Fatihaturrahmah Al Jumroh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Rima RIma Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.367

Keywords:

bullying, novel online, psikologi sastra, sigmund freud

Abstract

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama Bia dalam novel online ”Me After Bullying” Karya Sara Lyns. Jenis yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian berwujud kata, kalimat, dan paragraf karakter tokoh utama dalam novel online ”Me After Bullying” Karya Sara Lyns. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik baca, simak, dan catat pada objek penelitian teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Sigmund Freud. Hasil penelitian ditemukan struktur kepribadian id yang terdiri atas 1. Penolakan yang dilakukan Bia terhadap perintah Agnes si pembuli dan 2. Berkhayal menyenagkan saat dihina didepan semua siswa baru dan paniata MOS, Bia berkhayal menjadi Agnes dan menangisi sepedanya yang tergantung di pohon. struktur kepribadian ego yang terdiri atas 1. Mendekati si pembuli untuk mempelajari dan mendapatkan informasi 2. Bia berfikir atau berangan-angan untuk membunuh dan menghukum Agnes 3. Bentuk-bentuk perlawanan yang dilakukan Bia dan struktur kepribadian superego yang terdiri atas 1. Menuruti perintah dari geng pembuli 2. Bia mengambil Langkah awal untuk melawan Agnes si pembuli dengan perubahan fisik dan kepribadiannya 3. Bia yang rela meninggalkan kenyamanannya dan berjuang kembali melawan Agnes si pembuli

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Tifani Widodo, F., Al Jumroh, S. . F., & RIma, R. (2025). POTRET KEPRIBADIAN DALAM MENGHADAPI PERUNDUNGAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ONLINE ’ME AFTER BULLYING’ KARYA SARA LYNS. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1). https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.367