Memperkuat Kemampuan Literasi Siswa Melalui Pojok Baca di SD Inpress 138 Matawolot Kab. Sorong
Keywords:
Literasi, Pengabdian Masyarakat, Pojok bacaAbstract
Kegiatan pengabdian dilatarbelakangi oleh keterbatasannya pengalaman pengabdian yang dimiliki oleh mahasiswa kepada masyarayarakat serta minimnya kemampuan membaca dan menulis anak anak SD Inpress 138 Matawolot, sehingga kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang membentuk karakter literasi anak, 2) mengimplementasikan kemampuan literasi mahasiswa dalam konsep pengabdian, 3) Memanfaatkan program rumah baca sebagai sarana dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi pada program Literasi. Pengabdian ini menitikberatkan pada proses pendampingan program pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Pojok Baca, Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode forum Group Discussion ( FGD) dengan tahap persiapan dan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Tahapan-tahapan ini dilaksanakan oleh mahasiswa melalui kerjasama dengan masyarakat dan keluruhan SD Inpress 138 Matawolot.