Memperkuat Kemampuan Literasi Siswa Melalui Pojok Baca di SD Inpress 138 Matawolot Kab. Sorong

Authors

  • Ernawati Simatupang Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Adi Iwan Hermawan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Literasi, Pengabdian Masyarakat, Pojok baca

Abstract

Kegiatan pengabdian dilatarbelakangi oleh keterbatasannya pengalaman pengabdian yang dimiliki oleh mahasiswa kepada masyarayarakat serta minimnya kemampuan membaca dan menulis anak anak SD Inpress 138 Matawolot, sehingga kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang membentuk karakter literasi anak, 2) mengimplementasikan kemampuan literasi mahasiswa dalam konsep pengabdian, 3) Memanfaatkan program rumah baca sebagai sarana dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi pada program Literasi. Pengabdian ini menitikberatkan pada proses pendampingan program pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Pojok Baca, Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode forum Group Discussion ( FGD) dengan tahap persiapan dan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Tahapan-tahapan ini dilaksanakan oleh mahasiswa melalui kerjasama dengan masyarakat dan keluruhan SD Inpress 138 Matawolot.

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Simatupang, E., & Hermawan, A. I. (2025). Memperkuat Kemampuan Literasi Siswa Melalui Pojok Baca di SD Inpress 138 Matawolot Kab. Sorong. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 8(2). Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalabdimasa/article/view/3834

Issue

Section

Abdimasa

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.