Market Day Role-play: Mengembangkan Tanggung Jawab dan Berpikir Rasional Anak

Authors

  • Nengsih Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Devi Angsoka Murni Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Proyek Kemanusiaan, Market Day, Role-play, Perkembangan Anak

Abstract

Market Day Role-play merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan dalam kegiatan Proyek Kemanusiaan yang diselenggarakan Program Studi Psikologi, Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Humaniora, UNIMUDA Sorong. Melalui pelaksanaan Proyek Kemanusiaan, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengimplementasikan pengetahuan yang dimiliki dalam menangani temuan masalah di masyarakat. Di era digital ini, individu dituntut untuk dapat mengembangkan kecakapan berpikir rasional. Berpikir rasional perlu dikembangkan sejak dini pada anak agar dapat membangun pola pikir dan bertindak dengan tepat. Sikap bertanggung jawab juga turut diasah melalui ketepatan dalam berperilaku sesuai konteks. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui aktivitas belajar berbasis permaian yang sesuai dengan tahap perkembangan usia anak Sekolah dasar. Aktivitas belajar berbasis permainan dapat menumbuhkan minat belajar dan semangat belajar kepada anak-anak-anak sekolah dasar dengan menciptakan suasana yang menarik serta lebih bermakna. Oleh karena itu, pentingnya mengembangkan rasa tanggung jawab serta berpikir rasional perlu dilakukan agar anak dapat berkembang dengan optimal. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan kurangnya aktivitas pembelajaran berbasis permainan terutama dalam konteks pengembangan kecakapan berpikir rasional dan rasa tanggung jawab yang menjadi bagian dari pengembangan kognitif dan sosioemosi anak. Temuan ini selanjutnya menjadi landasan dalam melakukan program Proyek Kemanusiaan.

Published

2025-01-31

How to Cite

Sri Wahyuni, N., & Angsoka Murni, D. (2025). Market Day Role-play: Mengembangkan Tanggung Jawab dan Berpikir Rasional Anak. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 8(1), 1–7. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalabdimasa/article/view/1089

Issue

Section

##section.default.title##