HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS V SD INPRES 18 KABUPATEN SORONG

Authors

  • Tuti Sari Fiamberi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syams Kusumaningrum Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Siswa, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan strategi pembelajaran berorientsi aktivitas siswa terhadap keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one group pretest  posttest design. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres 18 Kabupaten Sorong tahun ajaran 2020/20121 yang berjumlah 8 siswa. pengambilan sampel  dilakukan dengan teknik sampling yaitu Probbability Sampling jenis Random Sampling. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah Tes Soal. Teknik analisis data yang di gunakan uji normalitas, uji reliabilitas dan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dengan keterampilan menulis di SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Dari hasil pre-test diperoleh hasil mean sebesar 55,12 dan hasil mean post-test sebesar 70,12. Diperoleh hasil signifikasi data pre-test sebesar 0,081 dan 0,081 > 0,05 berarti data pre-test berdistribusi normal, sedangkan data post-test diperoleh hasil sebesar 0,140 dan 0,140 > 0,05 sehingga post-test berdistribusi normal.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Tuti Sari Fiamberi, Syams Kusumaningrum, & Nursalim. (2024). HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS V SD INPRES 18 KABUPATEN SORONG. PRIMADONA (Primary Education Journal), 1(1), 26–31. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/primadona/article/view/90