PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWAKELAS IV SD INPRES 15 KABUPATEN SORONG

Authors

  • Regina Asem Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jusmin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Metode Pembelajaran, Team Quiz, Siswa SD

Abstract

Penelitian bertujuan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Team Quiz Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 15 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain one group design Study,Sampel yang digunakan adalah 15 siswa kelas V yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Diketahui nilai rata-rata angket tentang penerapan metode Pembelajaran team quiz di Siswa Kelas V Inpres 15 Kabupaten Sorong berada pada interval 56,6. Sedangkan dari perhitungan  rata-rata  keaktifan belajar siswa diketahui  72,2. Berdasarkan data  bahwa Cronboach’s Alpha r11>rtabel yaitu 0,199>0177, maka mengandung arti tes tersebut reliable.Nilai Metode Pembelajaran Team Quiz memiliki nilai signifikansi 0,660> 0,05 dan Nilai Keaktifan Belajar Siswa memiliki  nilai  signifikansi 0,863> 0,05. Karena semua kelas memiliki nilai Asymp. Sig >0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji simultan (uji F), dihasilkan Fhitung8.505 > Ftabel 4.1960, artinya signifikan (df1 = n-2 = 15 – 2 = 13). Signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 15 Kabupaten Sorong.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Regina Asem, Mursalim, & Jusmin. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWAKELAS IV SD INPRES 15 KABUPATEN SORONG . PRIMADONA (Primary Education Journal), 1(1), 16–25. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/primadona/article/view/89