PENGARUH MOTODE DISKUSI TERHADAP HASIL IPS SISWA KELAS IV SD INPRES 16 KABUPATEN SORONG
Keywords:
Merode Diskusi, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh motode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres 16 kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttes design. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres 16 kabupaten Sorong tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara motode diskusi terhadap hasil belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 16 kabupaten Sorong. Hal ini ditunjukan oleh nilai t hitung = 4,898, sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 0,000. Karena t hitung>t tabel (4,898 > 1,711). Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pada motode diskusi terhadap hasil belajar siswa.