fektivitas Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Peserta Didik Kelas V di SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada peserta didik kelas V di SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan soal dan dokumentasi, dengan menggunakan soal karangan narasi untuk pretest posttest yang dibagikan kepada seluruh sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh persentase hasil analisis deskriptif keterampilan menulis narasi siswa pada kelas posttest dengan rata-rata nilai hasil yaitu 77,21. Sedangkan hasil analisis keterampilan menulis narasi siswa pada kelas pretest dengan rata-rata nilai hasil yaitu 57,17. Melalui uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel dimana, thitung = 6,026 sedangkan ttabel = 1,68 menunjukkan H0 ditolak. Dengan demikian, nilai rhitung jauh lebih besar dari pada nilai rtabel maka Ha diterima, artinya bahwa penggunaan media gambar efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada peserta didik kelas V di SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong.


