Pengembangan Diorama Tata Surya pada Pembelajaran IPAS di Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.675Keywords:
Alat peraga, diorama tata surya, pembelajaran IPAS, SDAbstract
Kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah serta tidak adanya penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPAS menjadi masalah bagi peserta didik dan berakibat proses belajar mengajar kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan alat peraga diorama tata surya pada pembelajaran IPAS kelas VI SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) analisis kualitatif dan 2) analis kuantitatif. Hasil Penelitian yang diperoleh bahwa proses pengembangan menghasilkan produk berupa alat peraga diorama tata surya, dimana planet sudah diukur sesuai konsep tata surya sehingga peserta didik dapat melihat perbandingan baik ukuran maupun jarak antar planet dan matahari. Hasil validitas alat peraga diorama tata surya untuk validasi media 84,5% dan validasi materi 90%, sehingga dikategorikan valid atau layak untuk digunakan di lapangan. Hasil angket tanggapan kelompok kecil 100%, kemudian tanggapan kelompok besar untuk tanggapan guru 90% dan tanggapan peserta didik 98%, sehingga dapat dikategorikan sangat praktis dan menarik.