Penerapan Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar Kelas IV SD YPK Keyen

Authors

  • Anis Alfian Fitriani Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Stefanus Orong Lewotok Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Ahmad Yulianto Prodi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.4004

Keywords:

Metode Guided Note Taking, Hasil Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Guided Note Taking berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV di SD YPK Keyen, Kabupaten Sorong Selatan. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa SD YPK Keyen, sedangkan sampel penelitian difokuskan pada siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang, terdiri atas 10 perempuan dan 5 laki-laki.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Guided Note Taking, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest dan posttest) serta observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes tertulis berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi berbentuk checklist untuk mencatat aktivitas siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Sebelum metode diterapkan, sebagian besar siswa memperoleh nilai sangat rendah (20–55), hanya sedikit yang berada pada kategori rendah hingga sedang. Setelah penerapan metode Guided Note Taking, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,00, dengan mayoritas siswa masuk kategori "Tinggi" (80–89) dan "Sangat Tinggi" (90–100). Persentase ketuntasan belajar juga mencapai 93,33%. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung (16,36) lebih besar dari t tabel (1,76), sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, metode Guided Note Taking terbukti memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan metode tersebut berkontribusi positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini didukung oleh penelitian Pratiwi, dkk 2024 yang menyatakan bahwa metode Guided note taking mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Fitriani, A. A., Lewotok, S. O., & Yulianto, A. (2025). Penerapan Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar Kelas IV SD YPK Keyen. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(3), 344–350. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.4004

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.