Evaluasi Pengajaran Bahasa Inggris melalui Tugas Video Pengajaran: Studi Persepsi Mahasiswa PGSD

Authors

  • Isnaini Eddy Saputro Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Supriyati Fatma Rabia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.3986

Keywords:

Evaluasi pengajaran, video pengajaran, persepsi mahasiswa, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengajaran dosen melalui penugasan video pengajaran dalam mata kuliah Bahasa Inggris serta mengungkap persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Penelitian menggunakan pendekatan mixed method dengan desain evaluative. Sampel penelitian ditentukan dengan dua teknik, yakni sampel jenuh untuk data kuantitatif (50 mahasiswa semester II PGSD) dan purposive sampling untuk data kualitatif (beberapa mahasiswa terpilih untuk wawancara). Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert dan pertanyaan terbuka, serta wawancara semi-terstruktur untuk memperdalam data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif (rata-rata dan persentase), sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap pengajaran dosen melalui tugas video dengan skor rata-rata 3,78–4,18 (75,6%–83,6%), kategori baik. Mahasiswa menilai pengajaran dosen menyenangkan, instruksi jelas, dan tugas video mampu meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam mengajar Bahasa Inggris. Namun, mahasiswa juga menyarankan perlunya peningkatan intensitas bimbingan dalam proses pembuatan video. Dengan demikian, penugasan video dapat disimpulkan sebagai bentuk evaluasi autentik yang efektif sekaligus mendukung pengembangan kompetensi pedagogik calon guru PGSD.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Saputro, I. E., & Rabia, S. F. (2025). Evaluasi Pengajaran Bahasa Inggris melalui Tugas Video Pengajaran: Studi Persepsi Mahasiswa PGSD . Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(3), 368–375. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.3986

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.