Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran SBDP Kelas V SDN 94 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.2887Keywords:
Eksperimen, Flipped Classroom, SBDP, VideoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 94 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group. populasi penelitian terdiri dari 48 siswa kelas V yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model flipped classroom berbantuan video dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data mengunakan uji prasyarat. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa nilai sig 0,126 0,05 maka data dinyatakan homogen hasil uji Independent Samples t-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 ≤ 0.05, dan |t hitung| = -6.260 > t tabel = 2.013. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantuan video berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini merekomendasikan penggunaan model ini sebagai alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.