Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik

Authors

  • Siti Nur Halisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Indhira Asih Vivi Yandari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Zerri Rahman Hakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.2790

Keywords:

Diferensiasi, berpikir kreatif, inklusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi serta kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran berdiferensiasi di SD Peradaban Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data dalam perencanaan, pelaksanaan serta hasil dari implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi di kelas V dan VI SD Peradaan Cilegon menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Peradaban Cilegon telah berjalan efektif, ditandai dengan perencanaan yang menyeluruh, pelaksanaan yang inklusif, serta penggunaan strategi yang disesuaikan dengan profil belajar peserta didik yaitu meliputi audio, visual dan kinestetik. Pembelajaran berdiferensiasi di SD Peradaban Cilegon terbukti efektif mengakomodasi keragaman peserta didik dan mendorong tumbuhnya kemampuan berpikir kreatif. Peserta didik mampu menunjukkan ide yang banyak, beragam, orisinal, serta terperinci sesuai dengan empat indikator berpikir kreatif (fluency, flexibility, originality, elaboration).

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Halisa, S. N., Yandari, I. A. V., & Hakim, Z. R. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(3), 311–323. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.2790

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.