Analisis Kebutuhan Pengembangan Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Pendekatan TaRL di SD Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.1976Keywords:
bimbingan dan konseling, Teaching at the Right Level, buku panduan, operasi bilangan cacah, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar Kabupaten Pemalang dengan penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Pendekatan ini ditujukan untuk membantu siswa fase B dan C yang menghadapi kesulitan dalam keterampilan dasar operasi bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengembangkan produk buku panduan bagi guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mempelajari matematika dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan angket untuk menilai efektivitas penggunaan pendekatan TaRL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa di Kabupaten Pemalang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika, terutama dalam operasi bilangan cacah. Buku panduan yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi alat yang efektif bagi guru BK dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar, serta memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman masing-masing siswa. Kesimpulannya, pendekatan TaRL dapat menjadi solusi untuk mendukung pembelajaran matematika yang lebih efektif di tingkat sekolah dasar.