Pengaruh Media Buku Interaktif Digital terhadap Hasil Belajar Materi Keberagaman Budaya Indonesia Siswa Kelas V

Authors

  • Evina Novianti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Feri Tirtoni Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

buku interaktif; hasil belajar; keberagaman budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran buku interaktif digital terhadap hasil belajar materi keberagaman budaya Indonesia siswa kelas 5 SD Negeri Kenongo 1. Jenis penelitian ini menggunakan metode Eksperimen jenis Pre – Eksperiemntal yang menggunakan desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas 5 SD Negeri Kenongo 1 dengan menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi berupa wawancara, kuisioner, dokumentasi dan tes. Data Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata rata pre test sebesar 59,58 dan nilai rata rata post test sebesar 81,25. Sedangkan hasil uji hipotesis pada data hasil belajar menunjukkan bahwa hasil uji paired sample T-Test memiliki t - hitung sebesar 9.649 dengan dk = n-1 (24-1 = 23) t – tabel sebesar 1,713 serta signifikansi (2-tailed) 0,000. Menurut panduan dasar pengambilan keputusan bahwa apabila nilai signifikansi < 0,05, sehingga dinyatakan media pembelajaran buku interaktif digital berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas 5.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Novianti, E., & Tirtoni, F. (2024). Pengaruh Media Buku Interaktif Digital terhadap Hasil Belajar Materi Keberagaman Budaya Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 211–220. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1840

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.