Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Cengkareng Timur 15 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1852Keywords:
pola asuh; hasil belajar; matematika; sekolah dasarAbstract
Hasil belajar adalah proses untuk melihat perkembangan siswa dalam menguasai pembelajaran setelah melalui proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi ialah faktor eksternal yaitu pola asuh orang tua. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Cengkareng Timur 15 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dengan jenis ex post facto. Subjek penelitian ini adalah 47 siswa kelas V SDN Cengkareng Timur 15 Pagi. Teknik pengumpulan menggunakan angket. Analisis data melalui uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh otoriter berpengaruh 66%, pola asuh demokratis berpengaruh 78%, dan pola asuh permisif berpengaruh 87% terhadap hasil belajar matematika. Uji-f diperoleh nilai signifikan 0,025 < 0,05 dan perolehan nilai R Square 0,537 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sejumlah 53,7%.