Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong

Authors

  • Marta Dwi Kridiarmanela Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anis Alfian Fitriani Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Faizin Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Penggunaan Gawai; Minat Belajar; Pengaruh gawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian memeriksa kebelakang untuk mengetahui factor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian dibentuk dalam wujud angka yang di analisis dengan statistic dan hasilnya di deskripsikan. Tehnik pengambilan data metode observasi, tehnik angket dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunnakan analisis deskriptif uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil perhitungan uji hipotesisi kecenderungan variabel penggunaan gawai tergolong pada kategori tinggi dengan nilai rata- rata 32,96; minat belajar tergolong pada kategori tinggi dengan rata- rata 82 hasil dari observasi minat belajar tergolong pada kategori tinggi dengan rata-rata 42,666. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan gawai terhadap minat belajar siswa kelas VI C Sd Inpres 12 Kabupaten Sorong yang di tunjukan pada nilai korelasi (R) sebesar 0,232 dan nilai signifikansi 0,264 > 0,05 serta nilai korelasi determinan (R2) sebesar 0,54.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Kridiarmanela, M. D., Fitriani, A. A., & Faizin, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 259–265. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1850

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.