Media Video Animasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Margi Wahyuning Astuti Universitas Pgri Semarang
  • Fajar Cahyadi Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Keywords:

Canva; Video Animasi; Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis Canva dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 SDN Pecalungan 1. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) melalu, dengan fokus pada pembuatan media pembelajaran berbasis video animasi yang terutama mengarah pada konsep perkalian. Pendekatan yang digunakan dalam proses pengembangan konten ini adalah melalui model ADDIE, yang melibatkan serangkaian tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil analisis capaian hasil belajar siswa menunjukkan rata – rata 96,94 yang berada pada rata –rata >80 (kategori sangat tinggi). Skor ini meningkat sangat signifikan dibanding sebelum melakukan penelitian yang berada pada rata - rata 71,67 bahwa media pembelajaran video animasi  berbasis Canva yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Pecalungan 1 pada pembelajaran matematika materi perkalian secara signifikan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Canva dapat menjadi solusi terhadap rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian pada siswa kelas 3 SDN Pecalungan 1.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Astuti, M. W., Cahyadi, F., & Budiman, M. A. (2024). Media Video Animasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 239–247. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1838

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.