Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SD

Authors

  • Nur Andini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Tri Linggo Wati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

Kontekstual; Media Pop-Up Book; Pemahaman Konsep Matematis.

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil analisis di SDN Singopadu yakni  untuk melakukan penelitian mengenai Pengembangan Media Pop-Up Book berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD, dengan tujuan untuk mengetahui penerapan media Pop-Up Book berbasis pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa Kelas IV SDN Singopadu Tulangan Jenis penelitian artikel ini adalah penelitian pengembangan RnD (research and development). RnD yaitu penelitian untuk menghasilkan suatu produk kemudian diuji kegunaannya pada peserta didik, model yang digunakan adalah model ADDIE. Pengembangan Media Pop-Up Book berbasis pendekatan Kontektual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SD dikatakan telah memenuhi kriteria valid dengan presentase validitas 98,3%, praktis dengan presentase 93,9%, efektif dengan presentase keefektifan 88%, dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa kelas IV 0,73 dimana dalam interpretasi N-Gain 0,7 “Tinggi” dan keefektifan hasil belajar berdasarkan presentase N-Gain sebesar 73,27% masuk dalam interpretasi keefektifan hasil belajar 56%-75% dinyatakan “Cukup Efektif”. Sehingga media Pop-Up Book berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran siswa di kelas, serta mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Andini, N., & Wati, T. L. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 181–190. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1842

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.