Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Local wisdom Papua Barat Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD)

Authors

  • Ahmad Yulianto Unimuversitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Indri Anugrah Ramadhani Pendidikan teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Intan Ani Purnama Program Studi PGSD, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

modul; lokal widom; papua barat; tematik; hasil belajar;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa SDIT Mutiara Insan Kabupaten Sorong Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Grub pretest postest. Penelitian ini menggunkan tiga pengujian untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom yaitu perama uji N-gain digunakan untuk mengetahui kategori peningkatan sebelum dan sesudah penggunaan modul, kedua Uji normalitas dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 26 untuk mengetahu data berdistribusi normal, ketiga Uji Paired Sample T-test untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest. Hasil n-gain score menunjukan nilai rata-rata 0,77>0,7 sehingga dikategorikan tinggi. Sedangkan uji t-test menunjukan signifikan sebesar 0,000<0,005 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga perlu untuk terus dikembangkan modul pembelajaran yang berbasis local wisdom karena terbukti mampu untuk menarik perhatian siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Yulianto, A., Ramadhani, I. A., & Purnama, I. A. (2024). Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Local wisdom Papua Barat Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD). Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 203–210. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1837

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.