Metode Diskusi dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Krisdayanti Fifi Bless Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Desti Rahayu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Asrul Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Metode Diskusi; Hasil Belajar; Pembelajaran IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Inpres 111 Temel Kabupaten Maybrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan jenis Pretest Posttest Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol). Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas V sebanyak 15 orang yang ditentukan berdasarkan penarikan sampling jenuh. Jenis pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan instrument penelitian lembar observasi untuk memperoleh data penerapan metode diskusi dan instrumen tes untuk mendapatkan data hasil belajar IPA. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok memperoleh hasil positif, pemahaman materi dan konsep dari IPA dengan metode pembelajaran diskusi ini menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan metode diskusi. hasil uji t menunjukan signifikansi terhadap hasil posttest adalah 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 3.791 > t tabel 2.057 dimana H0 di tolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode diskusi pada pembelajran IPA.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Bless, K. F., Rahayu, D., & Asrul, A. (2024). Metode Diskusi dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 221–227. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1836

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 

You may also start an advanced similarity search for this article.