Implementasi Model Mind Mapping terhadap Kreativitas Belajar IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Asrul Asrul Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Melfin Pia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Mind Mapping; Kreativitas Belajar; Peserta Didik Sekola Dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model mind mapping terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Kota Sorong. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian exsperiment. Design yang digunakan Post-test Only Control Design. Populasi penelitian sebanyak 20 peserta didik dengan 2 sampel penelitian yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument penelitian menggunakan tes performance dan lembar observasi. Hasil uji data independent sample t-test dari nilai kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikansinya adalah 0,000 maka sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan jika nilai sig (0,000) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Kota Sorong. Dari hasil penelitian di SD Negeri 1 Kota Sorong ada pengaruh implementasi model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Kota Sorong.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Asrul, A., & Pia, M. (2022). Implementasi Model Mind Mapping terhadap Kreativitas Belajar IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 169–174. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1816

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.