Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Pdf Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Mata Pelajaran IPS SD Kelas V
Keywords:
Pengembangan bahan ajar, PDF flip-based, Mata Pelajaran Ilmu SosialAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis flip pdf profesional pada kelas lima mata pelajaran IPS SD yang memiliki potensi efek (kegiatan dan hasil pembelajaran). Subjek penelitian adalah kelompok kecil yang dilakukan pada sepuluh siswa kelas V SDN 9 Banyuasin I dengan kriteria kemampuan yang bervariasi (tiga siswa memiliki kemampuan tinggi sedangkan empat siswa memiliki kemampuan sedang dan tiga orang memiliki kemampuan rendah). Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas V SDN 9 Banyuasin I yang berjumlah 24 siswa. Pada penelitian ini, pengembangan media dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. (analisis-desain-kembangkan-implementasi-evaluasi). Hasil penelitian ini diperoleh hasil ketuntasan posttest mahasiswa yang masuk dalam kriteria lengkap sebanyak 80%, kemudian hasil evaluasi dimasukkan dalam kriteria sangat baik karena nilai mahasiswa setelah menggunakan media menjadi jauh di atas Kriteria Kelengkapan Minimum (KKM). Kesimpulannya hasil uji coba yang telah dilakukan pada peserta didik dalam pembelajaran IPS didapatkan media pembelajaran ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga mempengaruhi hasil belajarnya.