Peran Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung

Authors

  • Desi Rahmatika Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Muriani Muriani Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Merika Setiawati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Keywords:

Peran; Guru; Motivasi; Belajar.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran seorang guru dalam memberikan motivasi belajar bagi siswanya. etode yang digunakan adalah dengan metode wawancara dan observasi. Menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dalam artikel terdapat landasan teori yang dapat menjadi pedoman agar terfokus pada penelitian yang sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Penulis melaksanakan penelitian di SMPN 7 Kubung dengan menjadikan siswa/siswi kelas VIII dan beberapa guru menjadi subjek penelitian. Masalah yang ditemukan peneliti adalah bagaimana peran seorang guru dalam memberikan pembelajaran ips dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ips. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran seorang guru sebagai pemimpin kelas,pengajar dan pembimbing sudah terlaksana dengan baik dalam memberikan ilmu atau pengajaran dengan baik. Motivasi belajar seorang siswa dalam menghadapi tugas, menghadapi kesulitan dan belajar mandiri sudah terlaksana dengan sangat baik.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Rahmatika, D., Muriani, M., & Setiawati, M. (2022). Peran Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 132–138. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1814

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.