Peranan Guru terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 51 Kabupaten Sorong

Authors

  • Hilarius Oktovianus koba Ora Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Mursalim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Peran Guru; Motivasi Belajar; IPS.

Abstract

Penelitian yang dilakukan berdasarkan hasil obsevasi yang peneliti temukan di SD Inpres 51 Kabupaten Sorong, yaitu Pengaruh Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar IPS merupakan suatu usaha guru dalam membangun minat belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk guru membantu siswa dalam membangun motivasi belajar yang timbul dari dalam dan  luar diri siswa pada mata pelajaran IPS khususnya kelas V SD Inpres 51 Kabupaten Sorong. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang merupaka hasil pengamatan dan pengukuran empiris untuk mengungkapkan fakta tentang suatu karakteristik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 51 Kabupaten Sorong dengan jumlah keseluruhan adalah  52 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik obsevasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa besarnya pengaruh peran guru dapat dilihat dari nilai R square sebesar 97,0% yang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata mencapai 68,65%, maka peran guru dalam memberikan movitasi belajar sangatlah penting bagi siswa pada proses pembelajaran.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Ora, H. O. koba, & Mursalim, M. (2021). Peranan Guru terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 51 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 47–54. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1763

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.