Pengaruh Metode Pembelajaran Debate terhadap Kecerdasan Emosional pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD Inpres 133 Bumi Ajo Distrik Moswaren

Authors

  • Yuyuk Sri Rahayu Winingsih Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Mursalim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ihsan Ihsan Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Metode Pembelajaran Debat; Kecerdasan Emosional; Pelajaran PPKn.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran debate terhadap kecerdasan emosional pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Inpres 133 Bumi Ajo Distrik Moswaren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan one group pretest-postest designs. Sampel Penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 21. Instrument yang digunakan adalaha angket dan lembar observasi. Hasil uji Reabilitas diperoleh Cronbach’s untuk instrument angket  debate sebesar 0,589 dan angket kecerdasan emosional 0,688. Hasil uji normalitas diperoleh nilai sig untuk instrument angket debate sebesar 0,063 dan instrument angket kecerdasan emosional sebesar 0,492, dengan hasil uji one-sample test sebesar 45,910.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji one sample t-test diperoleh sebesar 2,086%., dengan  nilai thitung 45,910 > ttabel = 1,725 besar taraf signifikan 0,000 < 0,05 maka keputusan hipotesis yakni H0 ditolak dan H1 diterim. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran debat terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V SD Inpres 133 Bumi Ajo Distrik Moswaren.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Winingsih Sari, Y. S. R., Mursalim, M., & Ihsan, I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Debate terhadap Kecerdasan Emosional pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD Inpres 133 Bumi Ajo Distrik Moswaren. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 32–39. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1761

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.