Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD YPK 4 Pniel Kota Sorong

Authors

  • Riskyani Arifuddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ahmad Yulianto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Alman Alman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pendekatan Saintifik; Deskriptif Kuantitatif; Motivasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD YPK 4 PNIEL Kota Sorong, dengan melibatkan responden sebanyak 30 siswa menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data yakni menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar, dilihat dari thitung > ttabel, yakni 3,314 > 2,048, dan berdasarkan nilai sig yakni 0,03 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Adapun kualitas pengaruh yang diberikan adalah sebesar 28,2%, sedangkan 71,2% disebabkan oleh faktor lain diluar dari motivasi belajar. Berdasarkan data hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar. Pendekatan saintifik dapat menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Arifuddin, R., Yulianto, A., & Alman, A. (2021). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD YPK 4 Pniel Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 55–61. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1756

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 

You may also start an advanced similarity search for this article.