STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN CITRA HOTEL AQUARIUS DI KABUPATEN SORONG

Authors

  • Indria Andjar Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Rahmat Hidayat Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Henraman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relation yang diterapkan oleh Hotel Aquarius di Kabupaten
Sorong dan menganalisis pengaruh strategi tersebut terhadap citra hotel. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Hotel Aquarius menerapkan strategi PR melalui komunikasi interpersonal, pemanfaatan media sosial, dan program
loyalitas pelanggan. Strategi ini mencerminkan pendekatan komunikasi dua arah simetris serta menunjukkan kemampuan
adaptasi terhadap perkembangan digital. Strategi tersebut berkontribusi terhadap peningkatan citra hotel melalui loyalitas
pelanggan, penguatan reputasi di media sosial, serta persepsi publik terhadap profesionalisme pelayanan. Dengan demikian,
strategi PR memainkan peran vital dalam membentuk dan mempertahankan citra positif Hotel Aquarius.


Kata Kunci: Public Relation, Citra Hotel, Komunikasi Organisasi, Strategi PR

References

Buku:

Cutlip, S. M., & Center, A. H. (2000). Effective Public Relations (Edisi ke-9). Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Edisi ke-15). Pearson Education.

Lasswell, H. D. (1948). The Structure and Function of Communication in Society, dalam The Communication of Ideas, ed. Lyman Bryson. New York: Harper & Brothers.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Smith, R. D. (2013). Strategic Planning for Public Relations (Edisi ke-4). Routledge.

Jurnal:

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15 th ed. Pearson.

Cutlip, S. M., & Center, A. H. (2000). Effective Public Relations. 9th ed. Prentice Hall.

Smith, R. D. (2013). Strategic Planning for Public Relations. 4th ed. Routledge.

Murtadho, M. A. (2022). Strategi public relations Hotel Salak The Heritage dalam Membangun Citra Perusahaan.

Fauzi, MW (2024). Pengaruh Fasilitas Kualitas Pelayanan Hotel dan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Syariah Hotel Solo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan Umum , 3 (01), 171-179.

Ady, G. P. (2016). Strategi Public Relations Hotel Phoenix Yogyakarta Dalam Membangun Citra Sebagai Hotel Heritage.

Sampurna, A., Taufiqurrohman, A., Nasution, A. F., Pulungan, N. L., Faidah, Y., & Daulay, V. D. Y., (2024). Konsep Dan Definisi Komunikasi Politik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8.

Kussanti DP, Leliana I (2018)“Efektivitas Program Employee Relations Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT. Adira Dinamika Mulltifinance” Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika Vol. 18 No. 2 179-183.

Moleong, L. J. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif’ Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purba, J. H. (2018). Perencanaan strategi sumberdaya manusia dan prestasi kerja karyawan. Jurnal manajemen, 4(1), 43-51.

Moleong, L. J. (2006). A. Metode Penelitian. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Pawito, P. (2007). Media Komunitas Dan Media Literacy. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 102359.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Riset Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.Skripsi:

Ardiansa, J. (2021). Makna Simbolik Upacara Perkawinan Adat Suku Samawa Di Nusa Tenggara Barat (Doctoral dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Nur, U. (2022). Perbandingan Tradisi “Peta Kapanca” Dalam Perkawinan Antara Suku Bugis Dengan Masyarakat Suku Mbojo Di Desa Na’e Kecematan Sape Kabupatenm (Doctoral Dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Rachman, D. (2023). Strategi Public Relation dalam Membangun Citra Hotel Horison Bekasi. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 423-432.

Sudibyo, A. G. (2021). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image Pt. Brodo Ganesha Indonesia 2019 (Studi Deskriptif: Kolaborasi Brodo X Chicco Jerikho). Inter Script: Journal of Creative Communication, 2(1).

Zulfiningrum, R. (2023). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Pada Hotel Aruss Semarang. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 250-263.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Indria Andjar, Rahmat Hidayat, & Henraman. (2025). STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN CITRA HOTEL AQUARIUS DI KABUPATEN SORONG. JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK, 5(2), 373–378. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/JPPADAP/article/view/3621

Most read articles by the same author(s)